Minggu, 27 November 2011

Hukum Memakai Gigi Palsu | Gigi Tiruan

    Assalammu'alaykum, Wr.Wb .. Selamat Pagi sobat montist (Moeslem Dentist), di pagi yag cerah dan pegal-pegal ini (hohoho, yang penting kita sehat dan patut di syukuri *_^), Motist ingin ngasih penjelasan tentang "Hukum Memakai Gigi Palsu" ni.. kemaren kan suda kita bahas tentang "Hukum Memakai Kawat Gigi".. nah sekarang kita bahas yang Gigi Palsu.(Checkit dot). :-p
     Sebenarnya gigi palsu sendiri sudah lama di perkenalkan oleh dunia islam,pada zaman Nabi Muhammad SAW, gigi palsu masih terbuat dari emas, termasuk hidung palsu, hal ini terbukti dari hadist berikut : "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam pernah menyuruh seorang sahabat untuk menggunakan hidung buatan dari emas ketika terporong hidungnya pada peperangan" (HR.Abu Dawud ; At-Tirmidzi ; An-Nasa'i ; dan di Hasankan  Syeikh Al-Abany).
       Bagaimana dengan Hukum yang terkait tentang jenis kelamin? Apakah Wanita Saja yang boleh? Atau Laki-laki saja yang boleh memakai gigi palsu? Berkaitan dengan Wanita, wanita pada hakekatnya di perbolehkan berhias, yang artinya perhiasan dari emas maupun perhiasan dari bahan lain diperbolehkan untuk digunakan, termasuk gigi palsu berbahan emas. Sedangkan laki-laki tidaklah di sarankan untuk memakai gigi palsu berbahas emas, kecuali hal ini sudah dharurat dan sangat terpaksa karena tidak ada bahan lain yang anti karat selain emas, tentunya dengan tujuan pengobatan (Fatwa Al-lajnah Ad-Daimah 24/71-72, dan 25/15).
        Berkata syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin " Wajib Kita ketahui bahwa gigi emas tidaklah boleh di pasang kecuali bagi Wanita, Apabila kebiasaan mereka berhias dengan gigi emas tidaklah mengapa, adapun bagi laki-laki maka tidak diperbolehkan kecuali karena keperluan" (Majmu Fatwa Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin)
         Namun dengan berkembangnya zaman, sudah jarang ditemukan, gigi tiruan yang berbahan emas, dikarenakan sifatnya yang kurang estetik, sekarang sudah ditemukan dari bahan-bahan seperti Akrilik, dan Nylon Thermoplastik (Valplast) yang lebih estetik (Indah dan sesuia warna gigi dan gusi).



0 komentar:

Posting Komentar